Pengumuman Terbaru :
  •  Jadwal Bus Polisi Suroboyo Sobo ... Baca

  •  JADWAL BUS POLISI SUROBOYO SOBO ... Baca

  •  JADWAL PELAYANAN BUS "POLISI ... Baca

SILATURAHMI FORPIMDA PROVINSI JATIM HADIRKAN TIGA PILAR PLUS

Di Publish : 14 Desember 2018    |   Kategori : Binmas    |   Dibaca : 1091 kali

Hoofdbureau Surabaya, AG 25 Oktober 2016 : Dalam rangka menciptakan situasi dan Kondisi Kamtibmas yang kondusif di Daerah Jawa Timur, Polda Jatim menggelar acara Silaturahmi Forpimda Provinsi Jatim dengan Tiga Pilar Plus di Empire Palace Jl. Blauran No.57-75 Surabaya, Senin (24/10/16).

Kegiatan Silaturahmi ini diikuti oleh 3 Pilar Kamtibmas dari Rayon I Surabaya yang terdiri dari Polrestabes Surabaya, Polres Sidoarjo, Polres Gresik, Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Polresta Mojokerto dan Polres Mojokerto. Turut Hadir bersama Kasat Binmas, Kapolsek Jajaran, Camat, Lurah/Kades, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat yang berada di Rayon I Surabaya.

Kegiatan Silaturahmi Forpimda Provinsi Jawa Timur dibuka secara simbolis oleh Wagub Jatim, Syaifullah Yusuf dengan ditandai pemukulan gong sebagai tanda acara telah dibuka.

Membacakan Sambutan dari Kapolda Jatim, Dir Binmas Polda Jatim, Kombes Pol Drs. Gamar Basri menyampaikan kondisi kamtibmas terkini Jawa Timur. Beliau juga menyampaikan berbagai hal yang menjadi perhatian terkait Strategi menghadapi Terorisme, Potensi Gangguan Kamtibmas dan Kasus yang menjadi Atensi.

Kombes Pol Drs. Gamar menambahkan bahwa semestinya kegiatan dihadiri oleh Kapolda Jatim namun karena beliau berhalangan dan Wakapolda Jatim juga memimpin jalannya Vidcon di Polda Jatim, Maka Dir Binmas yang ditunjuk untuk mewakili kegiatan Silaturahmi kali ini.

Sementara Wakil Gubernur Jatim, Syaifullah Yusuf dalam pengarahannya menyampaikan tentang Gambaran secara umum penduduk Jatim yaitu 38.847.561 Jiwa dengan  38 Kab/Kota, 664 Kec yang tersebar di wilayah Jatim. Selain itu Cultur masyarakat Jatim menghargai ulama, aparat keamanan, tokoh masyarakat dan tokoh adat.

Syaifullah Yusuf menambahkan, Untuk menyukseskan program Presiden tentang reformasi mental harus dimulai dari struktur terkecil yaitu diri sendiri dan keluarga. Ada 3 kontruksi sinergi segitiga emas yang menjadi program Gubernur Wagub Jatim untuk meningkatkan perekonomian yaitu aman, pertumbuhan / pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Jawa Timur terdapat beberapa potensi konflik yang dapat menganggu situasi kamtibmas yaitu konflik syiah dengan sunni, konflik burih dengan perusahaan, konflik SH Teratai dan Winogo dan konflik sosial lainnya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut perlu dilakukan koordinasi dengan aparat TNI/Polri, tomas, toga dan todat serta melibatkan Camat dan Lurah," kata Syaifullah Yusuf.

Pembekalan selanjutnya disampaikan oleh Pangdam V Brawijaya yang dalam hal ini diwakili oleh Kasdam V Brawijaya, Brigjen TNI Rahmat Pribadi. Dalam arahannya beliau menyampaikan gambaran umum tugas-tugas TNI yang berkaitan langsung dengan masyarakat yakni membantu Polri dan Pemerintah dalam hal menjaga kondisi kamtibmas.

"Ada beberapa harapan Pangdam V Brawijaya terhadap 3 Pilar yaitu Terus bersinergi dan bersama - sama, komunikasi secara intens, transparan dan jujur, bersama - sama membantu kesulitan rakyat serta mewujudkan keamanan dan ketertiban di masyarakat," ujar Brigjen TNI Rahmat Pribadi.

Pembicara selanjutnya adalah KH. Abdussomad Buchori, Ketua MUI Jatim. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kita hidup berdampingan dengan berbagai agama di masyarakat oleh karena itu jangan ada penistaan agama apapun apalagi disampaikan melalui forum terbuka hal tersebut dapat memicu konflik SARA.

KH. Abdussomad Buchori menambahkan terkait terorisme, MUI telah menyampaikan bahwa jihad mati syahid yang menjadi slogan terorisme itu adalah salah. Bagi MUI, Kesatuan Negara Republik Indonesia adalah harga mati dan merupakan tanggungjawab bersama.

Kegiatan ditutup dengan Sesi Tanya Jawab yang disampaikan oleh Para Bhabinkamtibmas, Babinsa, Camat, Kades/ Kepala Desa, Toga, Tomas dan Tokoh Adat yang hadir. Hasil dari diskusi pada kesempatan ini akan ditulis dan diteruskan ke Pemerintah Pusat.

Sebelum menutup acara silaturahmi, para peserta diberikan pembekalan sekaligus motivasi dari Konsultan Komunikasi dan Motivator, Dr. Aqua Dwipayana dari Jakarta. Beliau mengupas tuntas tentang tata cara berkomunikasi yang baik. Penting bagi para Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk bisa berkomunikasi langsung dengan masyarakat.

Kegiatan Silaturahmi Forpimda ini dihadiri Saifullah Yusuf (Wagub Jatim), Brigjen TNI Rahmat Pribadi (Kasdam V/Brw), Kombespol Drs. Gamar Basri (Dir Binmas Polda Jatim), Budi Prabowo,SH ,MH (Wakil Kajati Jatim) dan KH. Abdussomad Buchori (Ketua MUI Jatim)
.***day

FBPOLRESTABES SURABAYA

TWITPOLRESTABES SURABAYA