Pengumuman Terbaru :
  •  JADWAL PELAYANAN BUS "POLISI SUROBOYO SO . . . Baca

  •   Penutupan Jalan Veteran Depan Polresta . . . Baca

  •  TABLIGH AKBAR DI POLRESTABES SURABAYA Baca

Road Show Pembangunan Zona Integritas Polrestabes Surabaya

Di Publish : 25 Juni 2018    |   Kategori : ZONA INTEGRITAS    |   Di Lihat : 211 Orang

Surabayaraya.com, Polrestabes Surabaya (20/02/18) : Dalam rangka mempertahankan Predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Menuju Predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Polrestabes Surabaya Gelar Road Show Pembangunan Zona Integritas. Kegiatan Sosialisasi yang menghadirkan Pejabat Utama Polrestabes Surabaya dan Kapolsek Jajaran ini pertama digelar Polrestabes Surabaya hari ini, Selasa (20/02/18).

Setelah pelaksanaan hari ini, kegiatan serupa juga akan digelar di 23 Polsek Jajaran yang dikemas dalam 7 Rayonisasi yang sudah dibentuk. Tujuan utamanya adalah mempertahankan Predikat WBK dan mengembangkan Inovasi sehingga mampu meraih Predikat WBBM.

Hal ini selaras dengan yang disampaikan oleh Wakapolrestabes Surabaya, AKBP Pratomo Satriawan, S.I.K, M.H. selaku Ketua Pembangunan Zona Integritas. Dalam paparannya AKBP Pratomo menyampaikan bahwa kegiatan Road Show ini bertujuan untuk mensosialisasikan apa yang sudah diraih oleh Institusi Polrestabes Surabaya kepada seluruh anggota. Sekilas Wakapolrestabes Surabaya juga memaparkan bagaimana sejarah awal sehingga Polrestabes Surabaya ini meraih predikat sebagai Wilayah Bebas Korupsi.

Lebih luas dijelaskan oleh Kabagren Polrestabes Surabaya, AKBP Sru Judaningati selaku Sekretaris Pembangunan Zona Integritas di Polrestabes Surabaya. Dalam paparannya, AKBP Sru Judaningati menjelaskan bahwa ada 6 Fungsi yang dikedepankan dalam meraih Predikat Wilayah Bebas Korupsi yakni Lalu Lintas, Intelkam, SKPT, Keuangan, Sumber Daya dan Reserse Kriminal.  Jika dalam Predikat WBK dituntut Pelayanan Publik yang diberikan Bebas dari Korupsi, maka pada Predikat WBBM diharapkan terdapat Inovasi yang dapat mendongkrak kepuasan publik terhadap pelayanan yang diberikan.

Jika selama ini Polrestabes Surabaya sudah memiliki sejumlah loket pelayanan publik yang memenuhi standart diharapkan hal ini juga diterapkan di Polsek Jajaran. Ada konsekuensi yang harus diterima oleh Polrestabes Surabaya jika dalam perjalanannya terdapat sebuah kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh sejumlah oknum sehingga Predikat WBK harus dilepas. Hal ini tentu saja tidak diharapkan oleh Kesatuan ini sehingga perlunya kerjasama yang baik mulai dari tingkat atas hingga anggota yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Managemen Media menjadi salah satu point penting yang harus diutamakan. Betapa tidak, seluruh kegiatan Inovasi yang dimiliki oleh Polrestabes Surabaya dan Polsek Jajaran tidak akan diketahui oleh masyarakat tanpa peranan media. Maka dari itu Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya ditunjuk langsung untuk mempublikasikan seluruh Inovasi yang nantinya dapat mendongkrak perolehan Predikat WBBM kepada masyarakat luas.

Hingga saat ini sudah ada 5 (lima) Polres yang melaksanakan Studi Banding terkait Perolehan Predikat WBK di Polrestabes Surabaya yakni Polres Trenggalek, Polres Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Polres Metro Bekasi Kota, Polres Metro Jakarta Selatan,  dan Polres Tuban. Pada tanggal 12 Desember 2017 sudah menerima predikat WBK dan Pada 24 Januari 2018 mendapat Penghargaan atas Predikat Pelayanan Publik Terbaik di Indonesia.

Setelah Ketua dan Sekretasis Pembangunan Zona Integritas memberikan paparan, tiba giliran Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan selaku Penanggungjawab Pembangunan Zona Integritas memberikan beberapa penekanan.  Dalam arahannya, Kombes Pol Rudi berharap pelayanan publik yang sudah baik selama ini agar tetap dipertahankan dan jika perlu ditingkatkan.

Dalam upaya peningkatan ke Predikat WBBM, Pelayanan Publik yang dilaksanakan oleh 6 (enam) fungsi teknis harus memiliki Inovasi-inovasi yang mengarah ke peningkatan mutu Pelayanan Publik yang lebih baik dari segi waktu dan efisiensi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Selain Inovasi, Penanaman Budaya Melayani juga perlu ditingkatkan.

Ada 2 (tiga) tips yang diberikan Kapolrestabes Surabaya untuk merebut simpati publik terhadap pelayanan Polri. Pertama sampaikan manfaat apa yang diraih oleh masyarakat, berikan solusi atas setiap keluhan masyarakat dan berempati atas kejadian yang menimpa masyarakat. Dengan tiga upaya inilah secara otomatis kepuasan publik akan dapat dengan mudah diraih, melalui mental melayani.

Kegiatan Road Show ditutup dengan pemberian Materi Zona Integritas kepada 3 (tiga) perwakilan Polsek Jajaran yakni Polsek Tegalsari, Polsek Bubutan dan Polsek Gayungan Polrestabes Surabaya. Seluruh rangkaian kegiatan Sosialisasi Zona Integritas dapat berjalan lancar dan terkendali.***Day

FBPOLRESTABES SURABAYA

TWITPOLRESTABES SURABAYA